Konsep Komunikasi Pemasaran Online

Konten [Tutup]


     

    Konsep Komunikasi Pemasaran Online

    Sumber : 99design.com

    Traditional Online Marketing and Advertising Tools

    Traditional Online Marketing atau Pemasaran Tradisional merupakan materi promosi apa pun yang ditampilkan secara fisik. Pemasar dapat menggunakan pemasaran tradisional untuk berinteraksi dengan audiens target mereka di lokasi toko ma
    upun tempat umum lainnya.
    Biasanya pemasar akan menempatkan materi pemasaran iklan ini di tempat yang memiliki kemungkinan di mana audiens mereka akan melihat, mendengar, atau berinteraksi dengan iklan. Iklan dari pemasaran tradisional merupakan tempat-tempat seperti iklan radio dan televisi, papan reklame dan kampanye surat secara langsung. 

    Traditional Online Marketing and Advertising Tools terdiri dari :

          Search engine marketing and advertising

          Display ad marketing

          E-mail marketing

          Affiliate marketing

          Viral marketing

          Lead generation marketing

          Social, mobile, and local marketing and advertising



    Search Engine Marketing and Advertising

    Search Engine Marketing (SEM) atau pemasaran mesin pencari adalah jenis strategi pemasaran digital yang berfokus untuk menempatkan perusahaan pada halaman pertama atau posisi pertama dalam hasil dari search engine atau mesin pencari. Tujuannya adalah untuk mengarahkan volume lalu lintas yang lebih tinggi ke situs perusahaan yang dibuat. Search Engine Marketing mencakup semua alat, teknik, dan strategi yang membantu mengoptimalkan visibilitas situs web dan halaman web di mesin pencari seperti Google, Yahoo dan situs serupa lainnya.

    Display Ad Marketing

    Display Ad Marketing atau Pemasaran Iklan bergambar adalah bentuk pengiklanan yang menyampaikan pesan komersial secara visual menggunakan teks, logo, animasi, video, foto, atau grafis visual lainnya. Pengiklan akan menargetkan pengguna dengan ciri-ciri tertentu untuk meningkatkan efektivitas iklan. Contoh dari dari Display ad Marketing adalah 

      1. Banner Ads

    Banner ads atau Iklan spanduk adalah gambar iklan yang disematkan pada halaman web untuk menampilkan produk atau merek dan tautan ke situs web pengiklan. Sebagian besar perusahaan menggunakannya karena Banner ads merupakan media dengan harga yang terjangkau, terukur, dan efektif untuk meningkatkan kesadaran calon pembeli terhadap merek.

            2. Rich Media Ads

    Rich Media Ads adalah segala bentuk iklan digital yang mencakup beberapa elemen interaktif seperti video, audio, atau lainnya yang dirancang khusus untuk menarik pengguna internet.

            3. Video Ads

    Video Ads atau Iklan video adalah strategi pemasaran yang menampilkan video pendek dan informatif untuk mempromosikan suatu produk. Video dapat membantu menjelaskan produk yang akan dijual, meningkatkan volume penjualan, menyampaikan informasi secara singkat dan menarik, dan menjangkau khalayak yang luas.

     


    Email Marketing

    Metode marketing menggunakan email ini dapat menciptakan pendapatan sebanyak 13juta dolar. Email marketing ini diciptakan pertama kali pada tahun 1978. Hal ini membuktikan bahwa strategi ini adalah strategi yang menjanjikan.

    Jenis email marketing ini, tidak bisa diartikan sebagai spam ataupun email pribadi dari teman lama. Jenis Email marketing ini adalah penggabungan dari dua email tersebut. Dengan memanfaatkan email marketing ini, dapat dengan mudah menghubungkan kita dengan calon costumer kita dengan mudah dan baik, karena kita dapat memberikan informasi mengenai produk kita kepada calon costumer dengan mudah.

     


    Apakah email marketing penting?

                Jika disandingkan dengan strategi marketing lain, email marketing memang terkesan lebih tradisional, karena jika dibanding dengan social media marketing dimana costumer dapat langsung mengomentari tentang informasi produk yang kita berikan, hal yang tidak bisa costumer lakukan jika kita menggunakan email marketing.

                Tetapi dari segi membangun hubungan dalam jangka panjang dengan costumer, strategi inilah yang paling tepat, lewat strategi ini, kita bisa mengambil hati pelanggan dan membuat mereka menjadi loyal terhadap kita. Suatu saat, mereka tidak hanya membaca email yang kita berikan kepada mereka, mereka akan menunggu apa saja porduk baru yang kita keluarkan.

    Mengapa email marketing ini lebih unggul dibanding strategi yang lain, karena biayanya yang tergolong sangat murah dibanding dengan strategi social media.

     

    Strategi Email Marketing

    Ada penelitian yang menyebut bahwa ada 3,8 miliar user email saat ini. Penelitian lain pun mengatakan email marketing ini lebih efektif 40 kali lipat dari Facebook dan Twitter. Ada juga data yang mengatakan bahwa pelanggan tertarik untuk langsung membeli produk, setelah ia membaca email. Dari data ini mengartikan bahwa email marketing masih menjadi strategi marketing yang efektif samapi saat ini.

    Dalam memanfaatkan strategi email marketing ini ada beberapa strategi khusus, dan membutuhkan beberapa pendekatan yang berbeda. Strategi yang dimaksud adalah sebagai berikut.

        1. Kenali calon pelanggan

    Sama hal nya dengan strategi marketing yang lain, strategi pertama dan terpenting adalah mengenali calon pelanggan. Mencari tahu peersona calon costumer dan pahami apa yang mereka inginkan.

    Jika sudah dilaksanakan, maka kita dapat membuat konten email yang cocok untuk mereka.

        2. Tetapkan target penjualan lewat email

    Kemudian lakukan lah riset, dalam indistrimu berapa penjualan yang berhasil dilakukan dalam menggunakan strategi email marketing ini. Jika sudah, data tersebut dapat menjadi patokan untuk mengetahui target penjulan kita.

        3. Kelompokkan user  

    Yang terpenting adalah mengelompokan user, kita dapat mengelompokan user didalam list daftar khusus, seperti minat, lokasi tempat tinggal, usia, gender, dan lain-lain.

        4. Evaluasi dan ukur hasilnya

    Lihatlah hasil dari strategi yang sudah dilaksanakan ini. Setelah menggunakan strategi marketing diatas, kita harus melakukan evaluasi untuk melihat keberhasilan menggunakan email ini.

    Beberapa hal yang bisa di lihat untuk mengukur keberhasilan dalam menggunakan strategi ini, seperti dengan metode A/B testing, atau dengan KPI.

    Sumbersolutionica.com


    Social Marketing & Advertising

    Social Marketing menggunakan prinsip dan teknik untuk secara sukarela menerima, menolak, dan mengubah tindakan tertentu untuk mempengaruhi pasar sasaran agar menguntungkan individu, kelompok, atau komunitas tertentu. Sebagai seorang pebisnis, perlu memahami bagaimana menggunakan pemasaran sosial untuk memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat. Contoh pemasaran dan periklanan sosial:

         1. Blog Marketing

          Memberikan pengetahuan melalui blog

          Platform yang umum digunakan untuk meluncurkan kampanye

         2. Pemasaran permainan

          Dengan audiens yang besar,

          digunakan untuk branding dan mengarahkan konsumen untuk membeli

    Mobile Marketing & Advertising.

    Mobile Marketing  adalah seperangkat teknik pemasaran yang memungkinkan organisasi  atau perusahaan untuk berkomunikasi dan terlibat dengan audiens  secara interaktif dan sesuai melalui perangkat seluler atau jaringan nirkabel. Dengan kata lain, pemasaran seluler adalah sistem pemasaran yang telah dikenal sebagai telepon pintar, ditampilkan melalui telepon seluler atau  menggunakan aplikasi khusus. Format yang umum digunakan dalam pemasaran seluler adalah tampilan, video, game, email, dan SMS.

     Local Marketing

    Local Marketing mengacu pada  proses pemasaran yang ditujukan untuk menjangkau pasar terdekat tempat kita berbisnis. Di Indonesia, misalnya, tren ke arah e-commerce saat ini  sedang meningkat. Pemasaran digital memungkinkan penjual menjangkau basis pelanggan terbesar. Namun,  ini tidak menghalangi pemasaran lokal yang berkelanjutan. Misalnya, marketplace seperti Tokopedia dan Buka Lapak telah bermitra dengan GoJek untuk mengirimkan produk dari dan ke Jakarta.

    Penjual yang penuh perhatian tidak hanya fokus pada pemasaran produk ke pelanggan non-Jakarta. Jika penjualnya pintar, sebaiknya hubungi pelanggan terdekat menggunakan fitur pengiriman cepat yang disediakan oleh GoJek melalui layanan GoSend.

     Konsep Inti Pemasaran

            Terdapat 7 konsep inti pemasaran yang perlu diketahui agar bisa menyusun strategi pemasaran dengan baik.

    1. Memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan konsumen
    2. Fokus untuk menawarkan produk yang relevan
    3. Memberikan suatu nilai manfaat bagi konsumen
    4. Menetapkan jenis transaksi yang dilakukan
    5. Membangun kredibilitas
    6. Mengenali pasar yang dituju
    7. Memiliki orang yang bisa memasarkan

     Konsep Strategi Pemasaran

            Kepuasan konsumen merupakan kunci dari suatu konsep pemasaran dan pada akhirnya tujuan dari pemasaran tidak jauh dari keinginan untuk tercapainya kepuasan konsumen. Berikut adalah 5 konsep strategi pemasaran yang perlu diketahui.

    1. Melakukan segmentasi pasar
    2. Market positioning yang tepat
    3. Market entry strategy agar bisa masuk suatu pasar
    4. Marketing mix strategy untuk mempengaruhi tanggapan konsumen
    5. Timing strategy yang baik

     

    Komentar

    Postingan Populer