Konsep Komunikasi Pemasaran Online
Konsep Komunikasi Pemasaran Online
Traditional Online Marketing and Advertising Tools
Traditional
Online Marketing atau Pemasaran Tradisional merupakan materi
promosi apa pun yang ditampilkan secara fisik. Pemasar dapat menggunakan pemasaran tradisional untuk berinteraksi
dengan audiens target mereka di lokasi toko ma
upun tempat umum lainnya. Biasanya pemasar akan menempatkan materi
pemasaran iklan ini di tempat yang memiliki kemungkinan di mana audiens mereka
akan melihat, mendengar, atau berinteraksi dengan iklan. Iklan dari pemasaran tradisional
merupakan tempat-tempat seperti iklan radio dan televisi, papan reklame dan
kampanye surat secara langsung.
Traditional Online Marketing and
Advertising Tools terdiri dari :
• Search
engine marketing and advertising
• Display
ad marketing
• E-mail
marketing
• Affiliate
marketing
• Viral
marketing
• Lead
generation marketing
• Social,
mobile, and local marketing and advertising
Search Engine Marketing and Advertising
Search
Engine Marketing (SEM) atau pemasaran mesin pencari adalah jenis strategi
pemasaran digital yang berfokus untuk menempatkan perusahaan pada halaman
pertama atau posisi pertama dalam hasil dari search engine atau mesin pencari.
Tujuannya adalah untuk mengarahkan
volume lalu lintas yang lebih tinggi ke situs perusahaan yang dibuat. Search
Engine Marketing mencakup semua alat, teknik, dan strategi yang membantu
mengoptimalkan visibilitas situs web dan halaman web di mesin pencari seperti
Google, Yahoo dan situs serupa lainnya.
Display Ad Marketing
Display Ad Marketing atau Pemasaran Iklan bergambar adalah bentuk pengiklanan yang menyampaikan pesan komersial secara visual menggunakan teks, logo, animasi, video, foto, atau grafis visual lainnya. Pengiklan akan menargetkan pengguna dengan ciri-ciri tertentu untuk meningkatkan efektivitas iklan. Contoh dari dari Display ad Marketing adalah
1. Banner Ads
Banner ads atau Iklan spanduk adalah gambar iklan yang disematkan pada halaman web untuk menampilkan produk atau merek dan tautan ke situs web pengiklan. Sebagian besar perusahaan menggunakannya karena Banner ads merupakan media dengan harga yang terjangkau, terukur, dan efektif untuk meningkatkan kesadaran calon pembeli terhadap merek.
2. Rich Media Ads
Rich Media Ads adalah segala bentuk iklan digital yang mencakup beberapa elemen interaktif seperti video, audio, atau lainnya yang dirancang khusus untuk menarik pengguna internet.
3. Video Ads
Video Ads atau Iklan video adalah strategi pemasaran
yang menampilkan video pendek dan informatif untuk mempromosikan suatu produk.
Video dapat membantu menjelaskan produk yang akan dijual,
meningkatkan volume penjualan, menyampaikan informasi secara singkat dan
menarik, dan menjangkau khalayak yang luas.
Email Marketing
Metode
marketing menggunakan email ini dapat menciptakan pendapatan sebanyak 13juta
dolar. Email marketing ini diciptakan pertama kali pada tahun 1978. Hal ini
membuktikan bahwa strategi ini adalah strategi yang menjanjikan.
Jenis
email marketing ini, tidak bisa diartikan sebagai spam ataupun email pribadi
dari teman lama. Jenis Email marketing ini adalah penggabungan dari dua email
tersebut. Dengan memanfaatkan email marketing ini, dapat dengan mudah
menghubungkan kita dengan calon costumer kita dengan mudah dan baik, karena
kita dapat memberikan informasi mengenai produk kita kepada calon costumer
dengan mudah.
Apakah email marketing penting?
Jika disandingkan
dengan strategi marketing lain, email marketing memang terkesan lebih
tradisional, karena jika dibanding dengan social media marketing dimana
costumer dapat langsung mengomentari tentang informasi produk yang kita
berikan, hal yang tidak bisa costumer lakukan jika kita menggunakan email
marketing.
Tetapi dari segi membangun hubungan
dalam jangka panjang dengan costumer, strategi inilah yang paling tepat, lewat
strategi ini, kita bisa mengambil hati pelanggan dan membuat mereka menjadi
loyal terhadap kita. Suatu saat, mereka tidak hanya membaca email yang kita
berikan kepada mereka, mereka akan menunggu apa saja porduk baru yang kita
keluarkan.
Mengapa
email marketing ini lebih unggul dibanding strategi yang lain, karena biayanya
yang tergolong sangat murah dibanding dengan strategi social media.
Strategi Email Marketing
Ada
penelitian yang menyebut bahwa ada 3,8 miliar user email saat ini. Penelitian
lain pun mengatakan email marketing ini lebih efektif 40 kali lipat dari Facebook
dan Twitter. Ada juga data yang mengatakan bahwa pelanggan tertarik untuk
langsung membeli produk, setelah ia membaca email. Dari data ini mengartikan
bahwa email marketing masih menjadi strategi marketing yang efektif samapi saat
ini.
Dalam
memanfaatkan strategi email marketing ini ada beberapa strategi khusus, dan
membutuhkan beberapa pendekatan yang berbeda. Strategi yang dimaksud adalah sebagai
berikut.
1. Kenali calon pelanggan
Sama
hal nya dengan strategi marketing yang lain, strategi pertama dan terpenting
adalah mengenali calon pelanggan. Mencari tahu peersona calon costumer dan
pahami apa yang mereka inginkan.
Jika
sudah dilaksanakan, maka kita dapat membuat konten email yang cocok untuk
mereka.
2. Tetapkan target penjualan lewat email
Kemudian
lakukan lah riset, dalam indistrimu berapa penjualan yang berhasil dilakukan
dalam menggunakan strategi email marketing ini. Jika sudah, data tersebut dapat
menjadi patokan untuk mengetahui target penjulan kita.
3. Kelompokkan user
Yang
terpenting adalah mengelompokan user, kita dapat mengelompokan user didalam
list daftar khusus, seperti minat, lokasi tempat tinggal, usia, gender, dan
lain-lain.
4.
Evaluasi dan ukur hasilnya
Lihatlah
hasil dari strategi yang sudah dilaksanakan ini. Setelah menggunakan strategi
marketing diatas, kita harus melakukan evaluasi untuk melihat keberhasilan
menggunakan email ini.
Beberapa
hal yang bisa di lihat untuk mengukur keberhasilan dalam menggunakan strategi
ini, seperti dengan metode A/B testing, atau dengan KPI.
Social Marketing & Advertising
Social
Marketing menggunakan prinsip dan teknik untuk secara sukarela menerima,
menolak, dan mengubah tindakan tertentu untuk mempengaruhi pasar sasaran agar
menguntungkan individu, kelompok, atau komunitas tertentu. Sebagai seorang
pebisnis, perlu memahami bagaimana menggunakan pemasaran sosial untuk
memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat. Contoh pemasaran dan periklanan
sosial:
1. Blog Marketing
• Memberikan
pengetahuan melalui blog
• Platform
yang umum digunakan untuk meluncurkan kampanye
2. Pemasaran permainan
• Dengan
audiens yang besar,
• digunakan
untuk branding dan mengarahkan konsumen untuk membeli
Mobile Marketing & Advertising.
Mobile
Marketing adalah seperangkat teknik
pemasaran yang memungkinkan organisasi
atau perusahaan untuk berkomunikasi dan terlibat dengan audiens secara interaktif dan sesuai melalui
perangkat seluler atau jaringan nirkabel. Dengan kata lain, pemasaran seluler
adalah sistem pemasaran yang telah dikenal sebagai telepon pintar, ditampilkan
melalui telepon seluler atau menggunakan
aplikasi khusus. Format yang umum digunakan dalam pemasaran seluler adalah
tampilan, video, game, email, dan SMS.
Local Marketing
Local
Marketing mengacu pada proses pemasaran
yang ditujukan untuk menjangkau pasar terdekat tempat kita berbisnis. Di
Indonesia, misalnya, tren ke arah e-commerce saat ini sedang meningkat. Pemasaran digital
memungkinkan penjual menjangkau basis pelanggan terbesar. Namun, ini tidak menghalangi pemasaran lokal yang
berkelanjutan. Misalnya, marketplace seperti Tokopedia dan Buka Lapak telah
bermitra dengan GoJek untuk mengirimkan produk dari dan ke Jakarta.
Penjual yang penuh perhatian tidak hanya fokus pada pemasaran produk ke pelanggan non-Jakarta. Jika penjualnya pintar, sebaiknya hubungi pelanggan terdekat menggunakan fitur pengiriman cepat yang disediakan oleh GoJek melalui layanan GoSend.
Komentar
Posting Komentar